nusakini.com--Di hari yang sama dengan acara pelantikan Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga sempat menghadiri acara pelantikan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Ia bersyukur, anggota KIP akhirnya bisa dilantik. Dengan begitu ia merasa lega, karena dengan dilantiknya anggota KIP, tahapan pemilu yang sudah berjalan akan bisa dilaksanakan dengan baik. 

" Saya menyampaikan selamat kepada anggota KIP tan tadi dilantik sesuai UU oleh Pelaksana tugas (Plt) gubernur Aceh. Awalnya bagaimana rapat di Kemenkopolhukam dengan pimpinan KPU yang mana belum ada kesepakatan dengan Gubernur Aceh sehingga KPU sulit untuk mengadakan proses pelantikan anggota KIP," kata Tjahjo, di Jakarta, Selasa (17/7). 

Tjahjo pun kemudian sedikit bercerita kisah dibalik proses menuju pelantikan anggota KIP. Kata Tjahjo, ketika belum ada kejelasan kapan anggota KIP dilantik, ia mendampingi anggota KPU melapor ke Presiden Jokowi. Komisioner pemilihan melaporkan pada kepala negara, bahwa pelantikan harus segera dilakukan, mengingat tahapan pemilu telah berjalan. Presiden pun berkomitmen mendukung KPU. Dan sekarang pelantikan telah digelar. Tentu ia merasa lega. Sebab kekhawatiran tahapan pemilu akan terganggu kini telah sirna. Ia pun mengucapkan selamat bekerja kepada para komisioner KIP Aceh. 

" Atas dukungan bapak gubernur, pimpinan DPR Aceh, hingga hari ini bisa dilaksanakan pelantikan. Alhamdulillah Plt gubernur bisa melantik karena UU mengatakan yang melantik adalah gubernur Aceh," katanya. 

Tidak lupa, Tjahjo juga mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang telah bekerja keras melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak di 171 daerah hingga berjalan sukses. Ia salut, meski aroma Pilkada tahun ini sudah berbau Pilpres, tapi berjalan aman dan lancar. Ia juga atas nama pemerintah pusat, mengucapkan terima kasih kepala Kapolri dan Panglima TNI beserta seluruh jajarannya yang telah bahu membahu mengamankan jalannya pesta demokrasi di 171 daerah. 

" Terima kasih dari pemerintah pusat dan daerah kepada bapak kapolri didukung sinergi dengan TNI, dengan Gakumdunya mampu mensukseskan pilkada serentak. Kami yakin dengan pengalaman pimpinan KPU dan Bawaslu yang punya pasukan melebihi TNI dan Polri sampai tingkat TPS, saya optimis untuk pileg dan pilpres serentak akan berjalan dengan baik," katanya. 

Seperti diketahui Selasa (17/7), Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah secara resmi melantik para anggota KIP. Adapun anggota KIP yang dilantik di Jakarta, Syamsul Bahri, Munawarsyah, Akmal Abzal, Ranisah, Tharmizi, Muhammad, dan Agusni AH. Sebelumnya sempat ada polemik, hingga membuat pelantikan anggota KIP terkatung-katung. Pelantikan anggota KIP Aceh sendiri selain disaksikan Mendagri juga dihadiri para pimpinan KPU dan Bawaslu dan pimpinan DPR Aceh. (p/ab)